Sabtu, 10 Mei 2014

10 Penyebab Sulit Konsentrasi


Mempertahankan konsentrasi sangat diperlukan dalam berbagai kondisi. Pasalnya, ketika seseorang kurang berkonsentrasi dapat menyebabkan berbagai hal merugikan. Contohnya, saat seseorang berkendara di jalan raya, terganggunya konsentrasi dapat memunculkan kecelakaan lalu lintas. Orang yang bekerja sebagai operator mesin pabrik memerlukan konsentrasi tinggi agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

Dikutip dari Boldsky, ada beberapa penyebab seseorang tidak mampu mempertahankan konsentrasinya. Berikut diantaranya:

1.    Tubuh terlalu lelah. Beraktivitas nonstop tanpa istirahat akan mengurangi kemampuan otak untuk berkonsentrasi. Otak mengalami kelelahan sehingga mengurangi optimalisasi kerjanya.
2.    Kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin tertentu bisa menyebabkan fungsi otak sedikit menurun. Salah satu vitamin yang diperlukan bagi otak adalah vitamin B12.
3.    Perubahan hormonal. Contohnya ketika seorang wanita mengalami menstruasi, dia akan lebih sulit untuk melakukan konsentrasi secara penuh. Adanya pergolakan hormon inilah yang kemudian membuatnya memiliki emosi kurang terkendali.
4.    Anemia. Penyakit kekurangan darah ini menyebabkan seseorang mengalami penurunan jumlah hemoglobin. Akibatnya, oksigen yang disalurkan menuju otak tidak terpenuhi secara maksimal. Hal tersebut menyebabkan konsenterasi ikut menurun.
5.    Kurang tidur. Wajarnya, seseorang tidur 6 sampai 8 jam. Jika kurang dari itu, tubuh cenderung lemas dan berpengaruh pada konsentrasi.
6.    Minum alkohol dan merokok. Kedua kebiasaan buruk ini mempengaruhi konsentrasi otak. Alkohol membuat kesadaran seseorang untuk sementara waktu teralihkan.Keduanya juga berperan dalam meningkatkan risiko degenerasi fungsi otak.
7.    Demensia. Penyakit ini dikaitkan dengan seseorang yang tidak mampu untuk memaksimalkan fungsi otak. Dia menjadi pelupa dan kurang mampu berpikir untuk mengambil keputusan. Demensia kerap menyerang orang usia lanjut. Namun, sekarang ini penyakit kepikunan tersebut sudah mulai menyerang kaum muda.
8.    Hipertensi. Salah satu efek dari hipertensi yaitu seseorang mengalami perubahan suasana hati yang cenderung negatif. Akibatnya mod seseorang cenderung labil. Hal ini menyebabkan konsentrasinya tidak bisa dijalankan sempurna.
9.    Stres. Stres secara langsung akan mempengarui kesehatan mental. Kemampuan kognitif menurun, begitu juga dalam urusan konsentrasi. Mengendalikan stress sangat penting karena berhubungan dengan kesehatan mental dan fisik.
10.    Pengaruh obat-obatan tertentu. Obat penenang dan kontrasepsi hormonal mempengaruhi kesehatan mental. Pada penggunaan untuk pertama kali barangkali mempengarui konsentrasi

Summber : aktualpost.com
thumbnail
Judul: 10 Penyebab Sulit Konsentrasi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait mengoptimalkan otak :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz